ABSTRAK
Ambarwati,
Arini. 2014. Aizuchi Oleh Dansei Dan Josei Dalam Anime Hyouka Episode 1-5 Karya Yasuhiro
Takemoto. Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya.
Pembimbing:
(I) Aji Setyanto (II) Efrizal
Kata
Kunci: Aizuchi, Hyouka.
Manusia adalah makhluk yang tidak
bisa hidup tanpa orang lain. Ketika manusia melakukan interaksi mereka menggunakan bahasa.
Kebudayaan dalam berkomunikasi adalah suatu kebiasaan yang terjadi dalam
masyarakat. Salah satu keunikan yang dimiliki Jepang ialah ketika mereka sedang
berbicara maka mitra tutur akan merespon atau mengirimi umpan balik, Hal ini
yang disebut dengan aizuchi.
Pemakaian aizuchi dalam masyarakat Jepang biasanya juga terdapat kekhasannya tersendiri
misalnya dari segi gender mitra tutur yang melontarkan aizuchi. Oleh karena itu penggunaan aizuchi pada penelitian ini dikaitkan
berdasarkan bagaimana penutur pria dan penutur wanita melontarkan aizuchi.
Penelitian ini menggunakan teori
dari Mayumi Kubota dan Horiguchi Sumiko sebagai acuan dan merupakan penelitian
jenis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan jumlah fungsi
aizuchi 48 Tanda Mendengar, 63 Tanda Memahami, 26
Tanda Sependapat, 9 Tanda Menyangkal, 10 Tanda Ungkapan Perasaan, 17 Tanda Penyambung Jeda, 30
Tanda
untuk menambahkan, mengoreksi dan
meminta informasi. Sedangkan pada bentuk aizuchi ditemukan 166 Bentuk Ungkapan, 21 Bentuk Penggulangan,
3 Bentuk Parafrase, 6 Bentuk Lain. Dalam pemakaian
jenis gender penuturnya yang paling banyak ialah 107 penutur pria sedangkan
84 penutur wanita.
Dengan demikian penulis menyarankan
pada penelitian selanjutnya meneliti penggunaan aizuchi di dalam media sosial
seperti, twitter, facebook, line dan
lain-lain.
要旨
アンバルワティ、アリニ。2014. エピソード1-5ワーク安広竹本に相槌によって男性と女性アニメシリーズ氷菓。ブラウィジャヤ大学日本学科。
指導教官:(II)アジ セティアント、(II)エフリザル
キーワード:相槌、氷菓。
人間は他の人々なしでは生きて、互いに並んで生活し、互いに相互作用することはできません生き物です。人間の相互作用は、彼らが言語を使用するとき。通信中の文化は社会の中で発生する習慣です。彼らは聞き手はそれが相槌と呼ばれ、応答したり、フィードバックを送信します、日本の独自性の一つがある。日本社会における相槌の使用量はカタパルト相槌の聞き手の観点から、通常は男女の独自のインスタンスに特有である。そのため、本研究で使用することはスピーカーが相槌男性と女性のスピーカーは相槌をカタパルトカタパルト方法に基づいて相槌を関連していた。
この研究は、真弓久保田基準と堀口澄子の理論を使用し、記述的研究の一種です。この研究の結果は聞いているという信号相槌番号52を見出されており、77理解してという信号、26 同意の信号、10否定の信号、9感情の信号、21 間を持たせる信号29 情報の追加、訂正、要求を信号に記載されている。相槌の形状は、181 相槌詞、24繰り返し、5言い換え、7その他を発見している。ジェンダータイプの使用ではほとんどのスピーカーは、97女性話ながら、男性の112スピーカーです。
そこで著者らは、メディアSMSとかTwitterとかFacebookでの相槌の使用を検討し、今後の研究で示唆されている
Tidak ada komentar:
Posting Komentar